Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Mengintip Pabrik Eiger (PT. Eksonindo Multi Product Industry)

Ini sebenarnya tugas kuliah, tapi sayang banget kalau ga dishare di blog. Jadi maaf kalau bahasanya agak kaku-kaku, karena emang peruntukkannya untuk tugas kuliah. Jadi intinya, kami mahasiswa S2 MBA ITB CCE59, mengunjungi pabrik Eiger di Katapang Soreang Kabupaten Bandung, ini beberapa highlight yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat.

ribuan karyawan Eiger sedang senam peregangan
ribuan karyawan Eiger sedang senam peregangan

  • Holding Company

Tidak terbayang sebelumnya bahwa ternyata Eiger sangat besar. Bahkan model perusahaan adalah Holding Company, atau dengan kata lain 1 perusahaan induk membawahi banyak perusahaan dengan kepemilikan saham yang elebih 50%. Struktur perusahaan Eiger kurang lebih seperti bagan berikut ini:

struktur perusahaan Eiger
struktur perusahaan Eiger


Dapat dilihat dari Bagan tersebut, B&B Incorporation sebagai induk perusahaan membawahi minimal 2 perusahaan besar (PT. Eksonindo Multi Product Industry & PT Eiger Multi Produk Industri) dalam membangun brand tas Eiger, Exsport, dan Bodypack. Sisanya menggaet UMKM dengan skala produksi kecil untuk membuat produk seperti kaos, jaket, kupluk, sendal, dlsb.
  • Sistem Fabrikasi Kompleks

papan kontrol alur produksi di pabrik Eiger
papan kontrol alur produksi di pabrik Eiger

Proses pembuatan produk yang dilakukan oleh B&B Incorporation, khususnya tas, memakan waktu rata-rata 3 bulan untuk setiap varian produk. Proses tersebut kurang lebih seperti ini:

riset desain produk → prototype / sample → digitalisasi dan dokumentasi pola → pemotongan bahan → assembly jahit → pemasangan aksesoris → packing → ready to sell

Alur proses produksi tersebut sudah memiliki sistem dan SOP yang jelas, dan diterapkan pada 1000 karyawan. Hal ini tidak mudah, mereka membutuhkan waktu kurang lebih 30 tahun untuk membangun sistem ini.
  • QC di Setiap tahap produksi

proses potong manual bahan baku di Eiger
proses potong manual bahan baku di Eiger

Mutu adalah prioritas Eiger, oleh karenanya hampir di setiap lini produksi terdapat prosedur QC (Quality Control) yang bekerja, dimulai bahan dasar datang sudah dilakukan inspeksi kualitas oleh tim tersendiri. Hal ini sangat berbeda dengan UMKM yang biasanya hanya melakukan QC di ujung proses produksi saja.
  • Branding yang integratif dan konsisten

Aktivasi dan kampanye brand yang dilakukan Eiger memiliki budget yang besar dan konsisten, dan sangat menggambarkan produk Eiger itu sendiri yang mengusung tema Tropical Adventure. Selain itu, mereka juga konsisten dalam melakukan branding dengan waktu yang cukup panjang. Salah satu yang paling terkenal adalah Kang JJ, yang mengendarai motor keliling dunia, selama 9 tahun yang disponsori oleh Eiger.
Branding Eiger meninggalkan kedua kakaknya (Exsport dan Bodypack), hal ini dikarenakan produk Eiger lebih menyeluruh dari top to toe, sedangkan Exsport dan Bodypack, terpaku hanya pada tas saja.
  • Proses desain produk yang holistik

Desain produk yang dilakukan Eiger bukan hanya sekedar mengedepankan estetika seni semata. Mereka membuat suatu produk dengan proses desain yang panjang. Karena mereka memang membuat suatu produk berdasarkan pengalaman adventure yang nyata, dicari permasalahannya lalu dibuatkanlah produk yang dapat memecahkan masalah tersebut.
Technology yang ada di setiap produk Eiger adalah kolaborasi antara medis, praktisi, dan seni. Technology ini mereka branding-kan lagi dengan nama 23.5.
  • Budaya Perusahaan

lapangan futsal di kantor Eiger
lapangan futsal di kantor Eiger

Mereka adalah perusahaan modern yang mementingkan aspek lain selain hanya “memerah” keringat karyawan. Perusahaan menganggap kesehatan karyawan harus dijaga dengan sistem di perusahaan, contohnya adalah pada pukul 10:00 semua pekerjaan diharuskan berhenti, lalu bersama sama melakukan peregangan diiringi musik.
Selain itu faktor kedekatan antar karyawan sangat diperhatikan, terbukti dengan adanya acara “17-an” dan adanya lapangan futsal di kompleks perkantoran Eiger.