My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Pebisnis Tidak Pakai Barang Bajakan



Di tahun ke-2 saya full time bisnis, saya memutuskan untuk STOP pakai software bajakan. ini berat. Kala itu tahun 2017, ga seperti sekarang. Kala itu utk beli Windows original, bisa keluar uang 3jt utk 1 license! mahal sekali...

Software bajakan orang sering denger dan aware, kalau buku bajakan? Pebisnis itu temannya buku, kalau anda pebisnis dan jarang baca buku, artinya anda belum jadi pebisnis beneran. hehe. Tahun 2019 saya mengalami pengalaman buruk beli buku bajakan, jelek banget! bikin kecewa.. tergiur harga murah, ehh bukunya lepas lepas, ga enak dibaca..

Saat ini... Saya berani deklarasi, bahwa saya ga pernah lagi dengan SENGAJA menggunakan barang bajakan.

Kenapa pebisnis harus STOP pakai barang bajakan?

pikirin aja.. mau nggak produk anda dibajak? cape2 buat, ehh dibajak.. ga enak kan rasanya..

Saya yakin ga berkah, agama manapun ga ada yang menganjurkan untuk menggunakan produk orang lain tanpa izin yang benar.

Kondisi real sehari hari kita memang "men-support" bajak2an ini.. Bayangin aja, di jalan Ganesha, yang diapit oleh ITB dan Masjid, banyak penjual software bajakan! bayangkan.. di depan kampus teknologi terbaik di Indonesia, dan di depan Masjid yang jamaahnya selalu ramai, ada DOSA besar...

Pemerintah tau itu salah, ustadz tau itu salah, dosen dosen juga tau itu salah.. tapi itu urusan mereka.. Urusan kita sebagai pebisnis, yaitu mencari penghasilan yang berkah. Bisnis yang berkah..

Jangan kerena ngeliat orang lain melakukan itu, tapi kita justru ikut2an ke hal yang tidak baik.

ehh jangankan pemerintah, yang buat software juga tau kalau software mereka dibajak dimana mana.. gak mungkin Microsoft ga tau siapa yang pakai bajakan siapa yang tidak.. ini bukan berarti anda boleh membajak, meski dibiarkan oleh Microsoft..

Jadi intinya ini soal moral, soal etika anda dalam berbisnis. Jangan hiraukan peraturan, jangan hiraukan kondisi di lapangan.

Lantas solusinya gimana?

Bayar!

ya bayar dong.. si pembuat software, si penerbit buku, atau siapapun itu kan bisnis juga. Kalau kita bayar bisnis mereka berkembang, pengen gak anda digituin? pasti pengen.

Dan lebih lagi, sekarang itu udah murah murah loh.. Tahun 2017, beli DVD Windows bisa 3jt.. itu DVD dan licensenya doang! kalau sekarang, beli laptop 4jt aja udah dapet Windows original.. ya mending beli laptop..

Dulu software editing, seperti Adobe family itu mahal banget, bisa sampai 7jt.. sekarang udah murah! bisa bayar per bulan lagi.. Seinget saya, Adobe family itu 715rb/bulan, udah dapet semua software, Photoshop, Lightroom, Ilustrator, Audition, dan Acrobat Reader!

Kalau ga mau Adobe jg banyak pilihan lain, kami subscribe Adobe juga subscriber Canva. Canva lebih murah lagi, harganya kurang dari 1jt utk 1 tahun...

ya.. tapi untuk anda yang baru mulai bisnis mungkin belum punya budget.. gpp, lanjut baca..

Ga sanggup bayar?

Cari yang gratis!! sekarang udah banyak banget yang open source alias gratis, nih saya kasih contoh2nya..

Microsoft Office = bayar, Google Docs family = GRATIS!, WPS Office = GRATIS!
Di kantor saya kurang lebih ada 15 laptop dan PC, yang pakai Microsoft Office hanya komputer saya doang. Sisanya pakai WPS dan GDocs.

Lagian 90% pekerjaan kami dilakukan di GDocs, supaya bisa shared dan edit realtime.. jadi no Office no Problem

oya kawan saya ada yang pakai Libre Office, katanya lebih baik dari WPS. sy belum pernah coba.

Kalau ga sanggup bayar tapi harus pakai yang premium? ya sewa aja.. sepertinya banyak kok penyewaan software begini, contohnya akun Zoom Meeting aja banyak yang nyewain..

Oya, jangan tergiur dengan software premium yang harga murah dijual di marketplace...

jadi ceritanya saya pernah beli license Adobe Family di marketplace, murah banget memang.. kalau ga salah cuma 300rb setahun! murah banget...

Itu memang license legal kok, ga boongan.. Tapi ternyata itu adalah license kantornya yang jual.. Jadi si penjual itu (mungkin) kerja di suatu perusahaan yang punya limit 100 user Adobe Family, slot nya ga kepakai semua, dijual lah sama dia..

Jalan 2 bulan,, ehhh kami ga bisa akses lagi akun itu.. Mungkin ketahuan sama perusahaan si penjual, jadinya diblokir. ha ha.. ya hati hati ya...

0 Response to "Pebisnis Tidak Pakai Barang Bajakan"

Posting Komentar