My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Kenapa Perusahaan buka Internship?

sering ga nemuin loker internship? sy sih sering, soalnya masih subscribe ke milis kampus S2 dulu.

kalau anda sadar, kebanyakan internship itu dibuka oleh perusahaan-perusahaan kecil / menengah atau startup, jarang saya baca, misalkan: Pertamina buka internship magang... atau Unilever buka internship magang..

Kenapa perusahaan buka internship? apa untungnya buat perusahaan?


1. tenaga murah

ini ga aneh lah ya.. ngegaji mahasiswa dan ngegajinlulusan S1 atau S2 pasti jauh berbeda. apalagi kalau dibandingin dengan well experienced karyawan.

hire karyawan baru belum tentu nemu yang cocok, mahal pula. ya mending cari anak magang, sama2 balum tentu cocok, dan udah pasti murah. fakta.


2. melatih calon manager

Anak magang perlu dibina, anak magang perlu ada yang ngawasin, anak magang perlu ada yang ngasih tugas.

nah ini ajang bagus banget buat calon manager untuk mulai ngatur tim, ngatur orang. Atau sebagai test, apakah karyawan sanggup dikasih tugas manajerial atau tidak.

Daripada ngasih project, daripasa naikin jabatan coba coba, mending ditesnya ke anak magang. Resiko kecil, biaya murah.


3. ide ide baru

Jangankan perusahaan kecil, perusauaan besar jg mengalami hal yang sama. Karena terlalu sering main lumpur, kadang kita lupa bahwa kita bisa juga main air.

Karena karyawan di perusahaan tersebut melakukan hal yang sama tial hari, melakukan kultur perusahaan tiap hari, melihat segala sesuatu sebagai orang pertama, dan lain sebagainya..

cuk-kuclul anak magang dateng.. nahh, dengan pandangan yang fresh belum terkontaminasi, pasti si anak magang akan dengan mudah melihat "kesalahan" di perusahaan. Syukur2 bagus kalau sampai ngasih ide baru, ngasih inovasi baru


4. calon karyawan potensial

Ini mungkin saja terjadi.. Kalau memang anak magang kerja bagus, cocok dengan kultur perusahaan, supervisornya suka, dan ada budgetnya... ya tentu berpotensi direkrut jadi karyawan beneran.

untuk perusahaan besar, rasanya hal ini lebih sering terjadi. Saya ingat dulu waktu lulus S1, beberapa kawan saya melanjutkan kerja ke tempat magang/KP nya dulu..

tapi kalau perusahaan kecil? mungkin lebih kecil kemungkinannya..


--

bagaimana dengan perusahaan anda?

0 Response to " Kenapa Perusahaan buka Internship?"

Posting Komentar