My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

4 Alasan kenapa orang mau follow akun Instagram

oh Instagram oh Instagram...

3 tahun lalu saya merasa takut untuk investasi biaya di Instagram, kahawatir Instagram segera redup.. eh nyatanya skg Instagram makin gedeeee.. Instagram makin cocok untuk dipakai bisnis... Orang orang makin banyak pakai Instagram..

jadinya udah telat deh.. apa kalau mulai skg sudah telat? jujur saya takut. hehe

3 taun juga kami merawat Instagram kami, "alakadarnya". Bukan berarti ga ada budget iklan, ga ada budget pembuatan konten. Biaya yang kami keluarkan kurang lebih udah 1M++ utk akun kami ini. Tapi followersnya berapa? hanya 78rb!

Di sisi lain banyak saya pantau akun Instagram, yang dalam 1 tahun, followersnya udah 100k++.. apakah budget yang mereka keluarkan lebih besar? oh belum tentu juga.. bingung kan? ya memang ga linier.. Sama halnya seperti akun akun viral, dalam sekejap banyak yang follow.. Sedangkan akun saya yang dirawat oleh minimal 4 orang, ya gitu gitu aja.. hehe...

Followers! ini metric penting sekali. tapi belum tentu followers dikit artinya omset dikit. Tapi kalau followers banyak, KEMUNGKINAN 90% omsetnya juga besar!

Saya tinjau tinjau ulang, kenapa sih orang mau follow suatu akun Instagram? harapannya ini bisa dibreakdown untuk jadi strategi marketing yang lebih tepat..

Alasan kenapa orang mau follow suatu akun Instagram.

1. Teman / Kerabat

ini jelas lah ya. Saya pun waktu pertama bikin akun Instagram, yang saya follow ya akun teman teman saya. apalagi teman lama, biar "tau" dia lagi ngapain. anda juga gitu kan?

2. Ga mau ketinggalan info

contoh paling simple adalah IG loker.. banyak yang follow! karena banyak yang ga pengen ketinggalan info.. Pengen segera tau kalau ada loker dibuka.. lsg nangkep kan?

3. Ikutan GIVEAWAY

Giveaway ini isu seluruh dunia. brand raksasa dunia juga ngadain giveaway, brand gede lokal ada yang tiap hari ngadain giveaway kaya Shopee, brand fashion jg banyak.. pokonya hampir semua bisnis ngadain giveaway.. tujuannya apa? biar pada follow akun mereka..

Tapi hati hati, kadang banyak juga loh Giveaway hunter. jadinya ga terlalu tertarget. karena akun2 tersebut hanya beneran follow hanya untuk dapet hadiah doang. kalau ga ada hadiah, ya ga berinteraksi.


4. suka aja

orang follow ya karena suka! saya follow akun Christiano Ronaldo ya karena suka. apakah ga mau ketinggalan info terkini dari doi? ga juga.. toh lebih uptodate berita daripada akun IG nya doi.

ada jg orang follow karena suka dengan visualnya.. menarik aja kalau dilihat. ga ada salahnya utk difollow..

atau karena kontennya lucu bikin seneng baca / liatnya. apakah harus uptodate dapet postingan terkini? ga juga. ya karena suka aja.. kalau pengen konten lucu kan lebih mudah untuk Googling "video lucu". ya ga?

nah ini emang parameter yang sangat blur.. karena menyangkut ke selera orang. menyangkut ke selera audience yang acak...

Tapi kerennya jaman sekarang, hal yang acak ini bisa di-agregasi kok... Jadi ya anda experiment aja, konten mana yang bikin followers anda suka tinggal lanjutkan, konten yang kira2 ga disukai followers ya stop.. simple kan? nulis mah gampang! hehe

Khusus untuk Instagram jualan atau online shop, sejauh ini saya berkeseimpulan berikut:

Beberapa ciri akun Instgram online shop yang kemungkinan progressif pertumbuhan followersnya:

1. launching produk berkala

ini nyambung ke poin yang "ga mau ketinggalan info". kalau produknya emang menarik, orang jd pengen menantikan kapan produk baru launching. maka ya orang pada follow akunnya

2. foto produk professional

ini nyambung ke "suka aja". Orang follow suatu akun jualan, belum tentu karena ingin belanja. Tapi karena ya suka aja liat gambarnya, suka aja liat foto produknya. Beli? belum tentu.. tapi yang dibahas disini kan soal followers ya.. Seperti di awal paragraf saya bilang, followers kecil belum tentu sedikit yang beli. Tapi kalau followers banyak, kemungkinan besar banyak yang beli

3. ada Giveaway

jelas! no further explanation

4. banyak orang upload dan tag akun bisnis kita

nah ini yang paling suuuusaaahhhhh.... Semakin banyak orang "sukarela" posting di IG lalu nge-tag akun bisnis kita. artinya semakin banyak orang yang ter-expose oleh profile kita, semakin banyak orang yang akan follow akun kita..

Pertanyaannya gimana bikin orang mau upload? paling umum ditrigger dengan hadiah.. tapi yang paling keren adalah kalau orang udah dengan SUKARELA melakukan hal ini.

--

Gmn udah ada pencerahan? lain waktu mungkin saya akan bahas tentang aspek teknis seperti iklan, caption, foto dan lain sebagainya.

0 Response to "4 Alasan kenapa orang mau follow akun Instagram"

Posting Komentar