" " Sungai Kayan - Kalimantan Utara | GAROBLOGZ inline_google_font_css example
Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Sungai Kayan - Kalimantan Utara

Pada tengah tahun 2014 saya mendapatkan tugas untuk melakukan survei pemetaan kedalaman Sungai Kayan di Kalimantan Utara, pekerjaan ini untuk memetakan alur pelayaran sungai. Kalimantan Utara ini bisa dibilang wilayah paling utara dari Indonesia, langsung berbatasan dengan Malaysia. Disini saya coba berbagi tentang kondisi di sana, terutama tentang jiram/jeram nya yang ganas. Anda bisa lihat video-nya di bawah atau kalau sudah penasaran silahkan langsung saja menuju TKP.

Lokasi Kalimantan Utara.
Tarakan dan Derawan mungkin salah satu tempat yang terkenal di KalTara ini, dulu dua tempat tersebut merupakan provinsi Kalimantan Timur, namun
kini Kalimantan Utara sudah menjadi provinsi sendiri, yang menjadikannya sebagai provinsi termuda (tahun 2012).

Luas wilayahnya sekitar 72juta km2 dengan penduduk (hanya) sekitar 700ribu jiwa. Berarti dapat kita katakan kerapatan penduduknya adalah sekitar 100km2/jiwa! sepi sekali! ya memang keadaanya begitu! disini masih banyak hutan yang belum terjamah manusia, binatang buas liar sudah biasa terlihat disini.

Buaya di muara Sungai Kayan.

Sebagian besar penduduknya bersuku Dayak, Bugis, dan Bulungan. Meskipun banyak cerita-cerita mistis tentang suku-suku tersebut, tapi saya bisa jamin 100% mereka ramah-ramah! jauh lebih tidak beradab orang-orang Jakarta.

Sungai Kayan sendiri merupakan tulang punggung transportasi di provinsi ini. Jangan anda berpikir datang kesini seperti kita di Jawa, tinggal duduk manis di mobil. Disini transportasi sebagian besar menggunakan perahu rakyat, kecuali di kota, ada motor dan mobil.

Long Boat pengangkut di Sungai Kayan.
nah... yang paling menarik dari Sungai Kayan ini adalah kondisi sungai nya yang memiliki banyak jiram! jangan bayangkan arung jiram di Dunia Fantasi ya... menurut saya ini jauh lebih ganas.
Kami sempat merekam salah satu jiram di sungai ini, namanya Jiram Lepuun.


Menurut warga setempat, jiram ini bukanlah yang ter-ganas! gila saya bilang.... yang paling ganas bernama Jiram Embun.
Jiram-jiram disini sudah banyak memakan korban masyarakat sekitar, turut berduka cita untuk keluarga yang ditinggalkan..
Dan konon katanya sempat ada bule ahli arung jiram datang ke sana untuk menantang si Sungai Kayan, tapi si bule malah gak jadi turun ke sungai dan bilang: "gw ke sini bukan untuk bunuh diri". hahaha

Menurut saya kalau pemerintah setempat jeli, jiram-jiram di Sungai Kayan ini bisa jadi objek wisata international. Sungguh luar biasa Indonesia-ku ini... Visit INDONESIA! yeah.

Sekian pengalaman saya tentang Sungai Kayan. Semoga bermanfaat.
Jika terdapat kesalahan saya mohon maaf, dan saya mohon koreksi nya.