" " Hebatnya Kekuatan Pikiran | GAROBLOGZ inline_google_font_css example
Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Hebatnya Kekuatan Pikiran

Kekuatan pikiran manusia sangatlah hebat, artikel ini bukan akan membahas kekuatan pikiran supranatural yang sering kita lihat di TV. Artikel ini salah satu self engineering yang ingin saya bagikan kepada anda semua, tentang bagaimana kita menggunakan kekuatan pikiran kita untuk menjadi manusia yang lebih baik.

Tentu semua sudah tahu bahwa pikiran manusia terbagi menjadi dua, yakni pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Pikiran sadar kita bekerja ketika anda berhitung, berpikir logis, membaca, menulis, dan memberikan perintah kepada pikiran bawah sadar kita. Sedangkan pikiran bawah sadar adalah memori, perilaku, emosi, dlsb.


Konon katanya, menurut
penelitian pikiran sadar kita hanya berpengaruh 12% untuk kita menggerakkan fisik kita, sisanya dilakukan oleh pikiran bawah sadar kita. Terlepas ini benar atau tidak, saya yakin bahwa pikiran bawah sadar berpengaruh penting dalam kehidupan manusia.


Joseph Murphy, dalam bukunya berjudul The Power of The Subconscious Mind berkata:
“Your desire is your prayer. Picture the fulfillment of your desire now and feel its reality and you will experience the joy of the answered."
Terjemahan bebasnya adalah: Keinginan anda adalah doa. Bayangkan tergapainya keinginan anda lalu rasakan bahwa itu akan menjadi kenyataan, dan anda akan merasakan kebahagiaan". Maksud dari perkataan tersebut adalah bahwa dengan kita membayangkan saja, kita akan bahagia, apalagi jika hal itu menjadi kenyataan? disini imajinasi dan pikiran bawah sadar anda yang bermain. Murphy menambahkan, jika kita memikirkan terus-menerus apa yang kita inginkan, dan diiringi dengan usaha yang sungguh-sungguh, lingkungan dan alam semesta akan mendukung kita menuju keinginan tersebut.

Anda adalah apa yang anda pikirkan

Semua orang pasti ingin hidupnya lebih baik, tapi tidak semua orang berpikir optimis bahwa hidupnya akan lebih baik. Dengan anda berpikir hidup anda tidak akan menjadi lebih baik, maka tidak mungkin dengan sendirinya hidup anda akan menjadi baik.

Saya sering berpikir tidak akan bisa menyelesaikan tulisan ini, dan benar saja, tulisan ini tidak kunjung selesai. Namun ketika saya meyakinkan diri bahwa saya bisa menyelesaikannya, dan hasilnya selesai juga tulisan ini.

Atau pernahkah anda merasa kurang percaya diri tampil di publik? ketika anda tidak percaya diri, anda akan grogi, dan hasil yang anda dapatkan tidak akan jauh dari apa yang anda perkirakan: kegagalan. Namun ketika anda percaya diri, hasilnya akan jauh berbeda, setidaknya anda akan berhasil mencapai target yang anda tentukan.

Contoh lainnya adalah ketika anda mulai merasa tidak enak badan. Jika anda berpikir bahwa anda akan sakit, maka besok atau lusa anda benar-benar jatuh sakit. Berlaku juga sebaliknya, jika anda merasa kuat dan akan sehat, sakit pun tidak akan hinggap.

Jadi, secara tidak sadar apa yang kita pikirkan akan menjadi kenyataan. Berpikirlah optimis jika ingin mendapatkan hasil yang baik, berpikirlah pesimis jika ingin mendapatkan hasil buruk.

Doktrin

Doktrin atau indoktrinasi adalah pemberian suatu materi tertentu kepada seseorang sampai orang tersebut menyepakati secara sadar maupun tidak sadar. Doktrin juga bisa anda lakukan kepada diri anda sendiri. 
“If you tell a lie big enough and keep repeating it, people will eventually come to believe it." - Joseph Goebbels
Jika suatu kebohongan diberikan terus menerus (indoktrinasi), orang akan mempercayai bahwa kebohongan tersebut adalah kenyataan. Perkataan Goebbels tersebut sebenarnya bisa teraplikasikan juga ke diri kita. Jika anda terus menerus berbohong kepada diri sendiri, dan kebohongan itu saling menutupi kebohongan yang lain, secara tidak sadar anda akan meyakini kebohongan itu adalah kenyataan.

Contohnya jika anda sedang mengantuk, lalu anda terus menerus berbohong pada diri anda bahwa anda tidak mengantuk, maka secara tidak sadar rasa kantuk itu pun akan hilang.

Dalam ilustrasi tersebut terjadi proses doktrin kepada diri sendiri. Tidak selamanya berbohong pada diri sendiri adalah hal yang buruk, tetapi anda harus bijak dalam melakukannya, jangan sampai anda melakukan apa yang namanya lari dari kenyataan.

Yakinlah bahwa tubuh anda sepenuhnya dikendalikan oleh pikiran anda.

Jadikanlah mimpi anda kenyataan

Dari ilustrasi-ilustrasi di atas menggambarkan kekuatan pikiran kita pada kejadian singkat. Selanjutnya akan saya bahas bagaimana kekuatan pikiran anda berpengaruh besar dalam upaya anda menggapai mimpi.

Untuk menggapai mimpi anda, faktor diri pribadi sangat menentukan. Seperti tulisan saya di atas, bahwa anda adalah apa yang anda pikirkan. Jika anda berpikiran mimpi anda tidak mungkin tercapai, maka tidaklah akan tercapai mimpi itu.

Alur proses kekuatan pikiran hingga menjadi kenyataan, kurang lebih saya sajikan sebagai berikut:

Alur menggapai mimpi menurut kekuatan pikiran

1. Berpikir

Tentukanlah mimpi yang ingin anda gapai. Jangan berpikir mimpi anda itu tidak mungkin, teman saya pernah berkata: "tidak ada yang tidak mungkin selain memakan kepala sendiri". Jangan takut untuk bermimpi! hidup akan lebih berarti jika anda mempunyai mimpi.

Untuk memudahkan, alur ini saya sertai dengan ilustrasi

Ilustrasi:
Buyung sudah menetapkan tujuan hidupnya untuk menjadi seorang entrepreneur sukses.

2. Doktrin diri anda

Doktrinlah diri anda bahwa anda mampu menggapai mimpi tersebut. Salah satu metode termudah adalah dengan cara mengulang-ngulang terus menerus perkataan "saya mampu menggapai mimpi saya!". Buatlah diri anda merasa yakin-seyakin-yakin-nya.

Ilustrasi:
Setiap hari Buyung membayangkan betapa indah hidupnya jika sudah berhasil menjadi entrepreneur sukses. Hari ke hari ia semakin yakin bahwa entrepreneur adalah jalan hidupnya.

3a. Pikirkan metode

Jangan sampai keyakinan anda hanyalah sebatas pikiran, karena jika iya, semua itu tidak ada gunanya. Berpikir kritislah terhadap doktrin yang anda lakukan dengan selalu mempertanyakannya. Jika anda terus menerus melakukan hal ini, anda akan sampai ke titik dimana anda bertanya "bagaimana caranya?"

Ilustrasi:
Buyung sudah kenyang dengan angan bahagia jika mimpinya tercapai. Ia pun mulai mempertanyakan dirinya sendiri: "Bagaimana caranya saya menjadi entrepneur sukses?".

3b. Bertindak

Jika anda sudah terbayang bagaimana caranya menggapai mimpi anda, bergeraklah! lakukan apapun yang menurut anda benar. Dalam bertindak seringkali tidak sesuai dengan rencana kita, jika itu terjadi, jangan takut. Anda tinggal men-doktrin diri anda kembali, sehingga anda yakin dapat menghadapi segala tantangan di depan. Proses ini akan terus menerus berulang.

Ilustrasi:
Kini Buyung mulai membaca biografi entrepneur ternama, ia mulai terinspirasi oleh cerita-cerita tersebut. Ia percaya untuk menggapai mimpinya, harus dimulai dari sekarang. Maka ia mulai berjualan kaos kepada teman-temannya. Penjualan kaos tersebut tidaklah semudah apa yang ia bayangkan, frustasi kerap menggerayangi pikirannya. Tapi Buyung tidak patah arang, malah ia semakin meyakinkan diri bahwa dia akan menjadi entrepreneur sukses.

4. Terpancarnya aura keyakinan

Dengan kita semakin yakin, tanpa kita sadari perilaku kita mencerminkan keyakinan kita. Kita mulai berpikir dan bertindak seperti apa yang kita inginkan, dan menjalani hari dengan penuh semangat.

Ilustrasi:
Meskipun Buyung gagal berulang kali dalam start-up bisnisnya, tetapi ia sudah mengerti pola pikir menjadi seorang entrepneur. Tanpa ia sadari segala perilakunya didasari dengan sudut pandang seorang entrepreneur.

5. Lingkungan sekitar merefleksikan diri anda

Dengan pola pikir anda yang semakin mengarah kepada satu titik, lambat laun orang-orang terdekat akan menyadari hal itu. Secara tidak sadar ini adalah pencitraan dari apa yang sudah anda lakukan sebelum-sebelumnya. Lingkungan akan merespon hal tersebut dengan memandang bahwa anda adalah orang yang berbeda.

Ilustrasi:
Dulu Buyung sering ikut nongkrong dengan teman-temannya di kampus, namun kini ia terlalu sibuk berjualan dan mengikuti banyak seminar-seminar entrepreneur. Teman-teman kampus Buyung pun tentu menyadari hal itu, dan memaklumi Buyung dengan perkataan "ah! Buyung udah gak asik, mentang-mentang mau jadi businessman". Tanpa mereka sadari, citra buyung menjadi seorang entrepreneur semakin kuat, dan Buyung akan semakin yakin dan mantap untuk menjadi seorang entrepreneur.

Waktu demi waktu akhirnya membuat Buyung menjadi seorang entrepreneur sukses yang tangguh. Itu adalah buah dari usaha dan keyakinan dirinya. Teman-temannya pun tidak heran dengan hal itu, mengingat usaha Buyung yang luar biasa.

----

Jadiii... apakah anda ingin mengikuti jejak Buyung?
Semoga artikel ini bermanfaat buat anda semua..
Saya sangat terbuka akan kritik dan saran.

referensi: