My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Scale up penjualan Shopee?

Setelah bertahun tahun ngulik2 iklan di Shopee, saya mengambil kesimpulan bahwa iklan Shopee itu ga akan bisa membuat penjualan kita jadi naik 2x lipat atau lebih.. paling paling naik 30% atau 50%..


Ya! iklan emang bukan segalanya.

Belum pernah saya mengalami, optimasi iklan Shopee lalu penjualan bisa naik seperti di 1111 atau di 1212.. atau bahkan di Ramadhan. Nyaris tidak mungkin bisa melebihi itu gara2 iklan.

jadi apa dong yang paling berpengaruh?

Sepengalaman saya, yang paling bisa membuat scale-up penjualan online di Shopee itu ada 2, yaitu:

1. submit promo / big promo dari Shopee

submit promo di Seller center, lebih bisa ngangkat penjualan ketimbang optimasi iklan.

Mau ngiklan kaya gimanapun, bid berapapun, bahkan sampai BONCOZ PARAH pun, ga bisa nandingin kalau kita ikut campaign yang diadakan Shopee. Semisal campaign INGATKAN DISKON, big promo, murah lebay, flash voucher, dan lain sebagainya.

cobain aja kalau ga percaya..

Lebih lanjut, saya menemukan korelasi positif antara Shopee ngiklan di TV dengan penjualan online shop saya. Semakin banyak Shopee ngiklan di TV, alias semakin besar Shopee "bakar uang", penjualan saya semakin naik. Jadi jelas banget bahwa nasib seller Shopee itu "di-ombang-ambing" oleh Shopee.

2. Perbanyak produk

Cara kedua untuk bisa scale-up 2x lipat atau lebih penjualan di Shopee adalah dengan PERBANYAK PRODUK. Makin banyak produk makin baik.

Shopee berulang-ulang ngasih hadiah untuk seller yang banyak upload, salah satu programnya adalah UPLOAD & WIN.

Logikanya gini. Algoritma Shopee itu tanda tanya semua orang. Kalau anda hanya punya 1 produk dan ada orang lain yang punya 100 produk, mana peluang lebih besar disukai algoritma Shopee? tentu yang 100. makin banyak, makin besar peluang produk anda disukai oleh algoritma Shopee. Jadi seperti untung-untung-an.

Saya menemukan banyak seller, ga ngiklan, ga optimasi judul, ehhh produknya laris abis! ya ini karena disukai oleh Shopee, mungkin juga di-pin oleh Shopee, karena setiap search keyword tertentu, produk tersebut selalu muncul. aneh.

Tapi ada kok yang produknya dikit dan laku keras? ya betul. Makin banyak produk kemungkinan disukai algoritma Shopee makin besar, tapi bukan berarti yang sedikit produknya ga disukai oleh algoritma Shopee.

faham ga ya?

hehe

0 Response to "Scale up penjualan Shopee?"

Posting Komentar