My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Kompetensi Dasar Pebisnis: Tidak Menunda

Tidak menunda, atau bahasa kerennya anti-procrastination....

anti menunda
anti menunda


Ini sebenernya superbasic kompetensi yang wajib dimiliki kalau mau bisnis. Menunda suatu hal itu bahaya sekali. Apalagi kalau menunda dengan hal hal yang tidak produktif, jadilah apa yang namanya kontra-produktif.

Sebelumnya saya pernah bahas salah satu tips terkait ini, baca: https://www.garoblogz.com/2020/09/tips-produktif-2-minutes-rule.html

Menunda itu banyak macemnya, ada yang menunda jangakaaa panjaaaaaanggg, ada yang menunda jangka pendek.

Menunda jangkaaa panjanaaanggg pasti sering anda denger seorang karyawan yang bilang "nanti saya akan bisnis jika bla bla bla bla, mulai bisnis nanti aja kalau bla bla bla....". Sepengalaman saya, model orang yang ngomongnya udah gitu, ga akan mulai mulai bisnis! haha... Hanya menaruh bisnis di angan angannya doi doang.

Kalau jangka pendek, yang dimaksud adalah pekerjaan pekerjaan yang berbasis harian. Misal balas chat, ngirim barang, ngontak customer, ngontak vendor, dan lain sebagainya. Hal hal seperit ini, kalau ditunda bisa bahaya, kenapa? karena akan ada penumpukkan pekerjaan!

Pekerjaan yang numpuk, membuat otak anda penuh, membuat bisnis anda ga berkembang.

Tips ujian sekolah dulu, saya ingat betul, KERJAKAN DARI yang termudah. Ini agak nyerempet dengan prinsip anti menunda. Ibaratnya kita punya 100 pekerjaan, jika kita menunda-nunda 100 ya tetep 100, tapi kalau kita kerjakan 1 per satu, dan dimulai dari yang termudah, setidaknya 100 itu berkurang, dan siap menerima tugas baru.

Dunia bisnis serba cepat, orang di luar sana bekerja super cepat super tepat, lalu jika anda menunda bagaimana mungkin bisa compete dengan mereka? hanya yang terkuat lah yang bertahan (saya bukan pendukung teori Darwin)

Tolong jangan disalah artikan tips ini dengan harus mengerjakan semuanya dalam serentak ya. Karena tiap pekerjaan memang ada yang harus ditunda, misalkan karena beberapa parameternya belum terpenuhi. Ga mungkin kan anda ngirim paket tapi belum ada kepastian uang udah ditranfer? nah ini salah satu contoh sederhana mengerjakan di waktu yang tepat.

Saya yakin di dunia ini ga ada pebisnis sukses yang bekerja menunda-nunda.

Sepengalaman saya, yang membuat kita menunda pekerjaan adalah karena kita belum "kebayang" gimana ngerjainnya.. Untuk menangkal itu, saran saya cobain nulis di kertas hal hal yang ada di otak anda, nanti terpetakan sendiri kok. percaya deh.

Jika sudah terpetakan, jadi anda tau harus memulai dari mana dan kapan. Jika ini sudah keluar, langsung deh ekseskusi! ciaaaaattttt!

0 Response to "Kompetensi Dasar Pebisnis: Tidak Menunda"

Posting Komentar