My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Cara Menyalakan Mobil Ketika Remote Rusak

Kejadian ini baru saja saya alami semoga bermanfaat untuk yang membacanya.

Sore tadi ketika mau pulang dari kantor, saya mendapati remote mobil tidak berfungsi atau (mungkin) rusak, lampu di remotenya sih nyala, tapi mobilnya gak bunyi. Gak pake pikir panjang, yaudah langsung aja saya colok kunci mobil untuk ngebuka pintu, eh ternyata alarmnya bunyi tit tut tit tut, dan gak bisa dimatikan manual. Sontak saya pun jadi perhatian orang sekitar. Untung udah biasa diliatin orang, jadi saya bisa menghadapinya cukup tenang, meski alarm mobil bunyi terus keras.

Cara Menyalakan Mobil Ketika Remote Rusak
remote mobil ilustrasi


Eh ternyata alarm mobil ini akan berhenti dengan sendirinya meski tidak kita pencet remote (kan remote mobil saya sedang rusak), ketika sudah berhenti, saya coba masuk dan nyolokin kunci ke kontak dan mencoba start, ehhh malah bunyi lagi..

Saya pun nyoba-nyoba terus bagaimana caranya agar si mobil bisa nyala tanpa alarm bunyi, mulai dari masuk dari pintu belakang, ngetok-ngetok si remote, dan nyari siapa tau ada tombol matiin alarm dari dalem mobil. Hasilnya nihil. Mobil tetap saja teriak teriak alarm-nya, kejadian ini berlangsung kurang lebih 15 menit-an lah. Semakin lama semakin banyak orang yang liatin. hehe, udah lumayan panik.

Dengan membaca bismillah dan tarik nafas, saya putuskan untuk googling dulu, cukup susah juga nyari keyword yang pas, karena kebanyakan artikel tentang nyalain mobil keyless, alias mobil yang nyalanya pakai remote. Setelah ketemu 1 artikel, dicobain, eh langsung berhasil.. gini caranya.

Jika anda mendapati remote mobil anda rusak dan ingin menyalakan mobil anda, caranya sbb:

1. JANGAN PANIK, panik hanya membuat anda keliatan bego. Cuek aja kali, kan kita bukan lagi mau maling mobil kita sendiri kan? orang-orang tuh ngeliatin ya wajar, wong alarm itu berisik. Dan kita harus tenang dan minta maaf dalam hati ke orang-orang itu karena udah bikin kaget

2. Buka pintu dengan colokkan kunci ke lubang, alarm akan berbunyi, duduk di jok, stay cool sampai alarm mati sendiri

3. setelah alarm mati sendiri, colokkan kunci ke kontak mobil, dan putar bulak balik dari on ke off kurang lebih sebanyak 10x, sampai alarm berbunyi dengan lebih cepat hanya sekitar 2 detik.

4. setelah itu mobil anda bisa nyala deh..

Tips ini saya lakukan di mobil Daihatsu Gran Max D 1.5, tapi kayanya bisa juga dipraktekan ke semua mobil deh, mungkin udah jadi standar prosedur (sok tau).

Kesimpulan

Cara menghidupkan mobil remote control dapat menjadi hal yang sangat mudah jika Anda tahu cara melakukannya. Namun, seringkali terdapat masalah pada remote mobil yang tidak berfungsi, atau bahkan alarm mobil yang tidak berfungsi, yang membuat proses menghidupkan mobil menjadi lebih sulit. Jika Anda mengalami masalah seperti ini, cobalah beberapa solusi sederhana seperti mencoba menyalakan mobil secara manual dengan menggunakan kunci, atau mencoba mematikan alarm mobil tanpa remote. Selain itu, pastikan bahwa kunci mobil Anda berfungsi, dan bahwa Anda menggunakan remote control yang tepat untuk mobil Anda, seperti remote mobil Xenia atau remote mobil Grand Max.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghidupkan mobil ketika remote tidak berfungsi atau ketika Anda tidak memiliki kunci mobil. Beberapa cara tersebut termasuk menghidupkan mesin mobil tanpa kunci atau bahkan menghidupkan mobil tanpa kunci. Namun, sebelum mencoba cara tersebut, pastikan bahwa Anda telah mencoba cara-cara sederhana seperti mengatasi remote mobil yang tidak berfungsi atau mencari cara menghidupkan mobil menggunakan remote yang tepat seperti remote mobil Ayla atau remote mobil Terios. Jika masalah masih berlanjut, cobalah mencari solusi seperti mengatasi alarm mobil yang mati, atau mencoba mematikan alarm mobil yang bunyi terus. Dengan begitu, Anda akan dapat menyalakan mobil tanpa masalah dan dapat dengan mudah menggunakan mobil Anda.