Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Tips dan Trik Berjualan di Shopee

Alhamdulillah puji syukur, salah satu start-up brand saya dan istri (BAJUYULI) sejak tahun 2016 berkembang sesuai rencana dan cukup memuaskan. Salah satu instrumen jualan marketplace andalan kami adalah Shopee. Reputasi kami di Shopee bisa dibilang cukup mentereng, karena berhasil menjadi Official Shop dengan pengikut saat ini sekitar 20rb follower dan ulasan produk sekitar 15rb review (average rate: 4.7). Silahkan kunjungi BAJUYULI Official Shop @ Shopee.

Di blog ini saya coba share pengalaman kami, saat mencapai hal tersebut. Berikut tips dan trik berjualan di Shopee pengalaman pribadi.

Jangan main main dengan aturan Shopee

Gratis ongkir di Shopee
Gratis ongkir di Shopee


Kita tahu kalau Shopee memberikan subsidi free ongkir kalau berbelanja dengan nominal tertentu (saat ini Rp 90rb rupiah), dan terkadang produk yang kita jual harganya tidak sampai 90 ribu rupiah. Nah kalau barang anda tidak sampai 90 ribu rupiah, dan ada yang mau menawar harganya lebih tinggi agar dapat free ongkir dan kembaliannya taruh di paket, JANGAN MAU! ini melanggar peraturan Shopee.

Saya pribadi pernah langsung telpon call center Shopee untuk menanyakan hal ini, apakah legal di Shopee atau tidak, dan jawaban mereka hal ini melanggar peraturan Shopee. Karena fitur tawar itu untuk menawar harga menjadi lebih rendah, bukan lebih tinggi.

Semenjak saat itu, kami tidak pernah lagi menerima tawaran harga untuk ngejer free ongkir Shopee. Dan alhamdulillah, memang benar, Shopee melihat transaksi kami tidak ada yang mencurigakan, dan brand kami di-"angkat" menjadi Official Shop di Shopee (TANPA BAYAR sepeser-pun).

Update stok setiap hari

Pastikan anda update stok aktual anda setiap hari, ini untuk menjaga reputasi anda di Shopee. Jangan sampai barang masih aktif padahal barangnya sudah habis, sehingga terpaksa anda menolak pesanan yang masuk. Tingkat penolakan pesanan yang masuk menjadi parameter reputasi yang penting di Shopee. Baca: Cara Update Stock Massal di Shopee

Auto reply chat dan chat template

Fitur yang paling oke dari Shopee adalah fitur chat-nya, bisa dibandingkan dengan marketplace lain, fitur chat di Shopee adalah yang paling responsive dengan fitur yang paling lengkap. Fitur terbaik dari Chat shopee adalah auto reply chat dan template pesan.

fitur auto-reply chat shopee
fitur auto-reply chat shopee


Manfaatkan auto reply chat untuk menjawab pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh customer anda, biasanya sih menurut pengalaman kami, ketersediaan stok merupakan pertanyaan yang paling sering ditanyakan. Jika anda sudah update stok setiap hari, sebenarnya tidak perlu lagi khawatir dengan pertanyaan ketersediaan stok, manfaatkan fitur auto reply chat untuk memberitahukan kepada pelanggan anda bahwa jika barang masih bisa diklik, berarti barangnya ready. Auto reply chat ini sangat bermanfaat sekali, jika chat datang dikala anda sedang tidak bisa membalas secara cepat pesan yang masuk.

fitur template pesan Shopee
fitur template pesan Shopee


Selanjutnya template pesan, maksimum hanya 5 buah saja. Isi ke-5 template pesan tersebut dengan pertanyaan yang sering ditanyakan diurutkan dari no 2 sampai 6 (no 1 sudah di auto replya chat). Sayangnya fitur template pesan ini hanya bisa digunakan di versi mobile saja.

Pengiriman yang cepat


Transaksi di dunia saat ini sedang ber-evolusi menjadi serba online. Perpindahan dari belanja online dari belanja offline ini menyisakan beberapa kekurangan, salah satunya adalah barang tidak bisa langsung diterima ketika sudah membayar.

Karena itu, kirimlah segera pesanan yang masuk, agar pelanggan anda merasa bahwa mereka berbelanja online seperti berbelanja offline. Mereka pasti senang. Toh hampir ga ada bedanya antara datang ke toko atau belanja secara online.

Pengiriman BAJUYULI sendiri kami lakukan sebanyak 2x sehari, yaitu pagi dan sore. Percayalah, jika tingkat pengiriman anda sangat cepat, tim developer Shopee pasti akan "melirik" anda, dan kedepannya mereka akan menawarkan kerjasama dengan mem-promo-kan produk anda. siap siap deh setelah itu order membludak. :)

Manfaatkan "naikkan produk" setiap saat

menaikkan sundul produk di Shopee
menaikkan sundul produk di Shopee


Shopee memberikan kesempatan 4 jam sekali kepada setiap penjualnya untuk "bump" atau "sundul" atau "naikkan produk", pada 5 produk si penjual. Manfaatkan fitur ini seoptimal dan se-konsisten mungkin. WAJIB hukumnya setiap 4 jam sekali anda klik "naikkan produk" untuk produk anda.

Sepengelaman kami, pilihlah produk anda yang paling laku alias best seller untuk dilakukan "naikkan produk" setiap 4 jam sekali. Jangan asal pilih produk mana yang akan di-:"naikkan" ya. Ingat, yang paling laku saja.

Hal ini yang menjadi salah satu motivasi saya pribadi untuk bisa selalu shalat subuh tepat waktu setiap hari. Jadi proses penyundulan dimulai  dari semenjak selesai solat subuh, sampai mau tidur. hehe

---

Semoga artikel ini bisa menggenjot penjualan anda di Shopee ya... Kalau ada pertanyaan jangan ragu untuk kontak saya, kontak ada di page about-me ya.