Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Sheet Pile Extraction

Artikel selanjutnya dari Ocean Engineering, saya akan bahas secara umum tentang pekerjaan saya yang dilakukan di akhir tahun 2014, yakni sheet pile extraction, atau bahasa Indonesianya adalah mencabut sheet pile.

Pekerjaan berlokasi di pantai Jakarta Utara. Jadi ceritanya, Tanjung Priok akan dibesarkan alias expansi wilayah, maka dari itu
dibangun pelabuhan terminal baru. Dalam masa pembangunan terdapat beberapa kendala, salah satunya masih adanya sheet pile yang tertancap di wilayah pembangunan terminal baru Tanjung Priok ini.

Konon katanya sheet pile ini sudah tertanam sejak tahun 1970-an. Seiring berjalannya waktu, kepala sheet pile sudah tidak lagi muncul dari permukaan air, dan juga karat sudah menggerogoti besi sheet pile. Hal ini yang membuat pekerjaan jadi lebih sulit.

Untuk melakukan pencabutan sheet pile, alat dan crew utama yang kita butuhkan adalah:

Vibro
Adalah alat bergetar yang mampu menggigit besi lempeng. Kasarnya, alat tersebut menggigit sheet pile lalu bergetar vertikal sehingga sheet pile akan relatif mudah diangkat.
Vibro
clamp vibro


Crane
Mutlak butuh crane, masa mau diangkat pakai tenaga manusia? Ya gunanya untuk menggantungkan vibro, dan memberi gaya tarik ke sheet pile sampai sheet pile terangkat.

Diver/Penyelam
Guna dari penyelam adalah untuk navigasi vibro yang ketika clamp/gigi sudah masuk ke dalam air, mengingat dalam kasus ini kepala sheet pile tidak berada di atas permukaan air. Pekerjaan ini sangat bergantung kepada penyelam. Penempatan vibro yang pas berpengaruh besar kepada keberhasilan pengangkatan sheet pile.

Dalam melakukan pencabutan sheet pile tidaklah 100% kita bakalan berhasil mengangkat. Faktor kekuatan vibro, kekuatan tanah, navigasi, dan kualitas sheet pile menjadi hal yang utama agar dapat berhasil.

Metode nya kurang lebih seperti ini:
1. pastikan Vibro siap digunakan, clamp vibro dalam kondisi bagus
2. gantungkan vibro di bawah boom crane
3. turunkan vibro hingga tercelup ke bawah air
4. penyelam turun untuk navigasi penggitan sheet pile oleh vibro
5. tutup gigi vibro sehingga sheet pile sudah tergigit
6. penyelam naik
7. getarkan vibro sambil diangkat/diturunkan sesuai kebutuhan
8. pelan-pelan cran mengangkat vibro + sheet pile yang berhasil terangkat
9. taruh sheet pile yang sudah terangkat di tongkang material

simple kan? tapi prakteknya tidak semudah yang saya ceritakan disini, saya hanya menceritakan garis besarnya saja sebagai gambaran atau pengetahuan umum buat anda. Ini saya bagikan video tentang pengangkatan sheet pile, silahkan ditonton.



Sesuai dengan yang saya katakan di atas, bahwa tidak 100% percobaan pengangkatan sheet pile berhasil, salah duanya adalah faktor tanah yang sangat keras dan faktor gigi yang sudah habis terkikis. contohnya seperti gambar berikut:
Tanah keras yang menempel di sheet pile

Clamp vibro yang sudah terkikis rata

Sekian sharing saya tentang sheet pile extraction, semoga bermanfaat.
silahkan jika ada yang ingin mengoreksi atau berdiskusi.